Pengalamanku Mengikuti Rekoleksi SD ASAK 2015

rekoleksi sd 2015 asak katedral

 

Tema : Syukur atas hidup ; Aku Unik dan Istimewa

Pembimbing : Sr. Theresia Asia, OSU

Namaku Welljean, aku duduk di  kelas 4 SD Budi Mulia Mangga Besar Jakarta Pusat dan aku adalah salah satu anak santun di ASAK dari Paroki Katedral Jakarta.

Pada hari Minggu tanggal 13 Desember 2015, kami berkumpul di Gereja Katedral sebelum jam 8 pagi. Sekitar jam 8.30 kami berangkat menuju Paroki Kampung Duri, tempat rekoleksi diadakan.

Setelah sampai, kami disuruh naik di lantai 4. Di lantai 4 kami mendaftar ulang, mengambil name tag dan bekal untuk sarapan. Di ruang itu saya melihat banyak anak ASAK Paroki lain yang ikut berkumpul. Rekoleksi ini memang dikhususkan bagi siswa kelas 4, 5 dan 6.

Kegiatan pertama, kami disuruh membuat barisan berdasarkan bulan lahir dari Januari sampai Desember. Kegiatan ini sangat sulit dilakukan karena kami tidak mengenal satu sama lain.

Ternyata itu adalah ice breaking yang mengajarkan kepada kami untuk kompak dan bekerja sama.

Setelah itu Suster menjelaskan tentang tema dari rekoleksi bahwa kami harus selalu bersyukur pada Tuhan. Suster memberikan pertanyaan sebagai berikut untuk kami renungkan :

  1. Apakah saya menyadari bahwa saya dikelilingi oleh kasih dan rahmat Allah? Saya jawab : Ya, karena saya dikelilingi oleh orang-orang yang saya cintai yaitu orang tua, saudara, bapak, ibu guru pembimbing.
  2. Tuliskan 2 (dua) pengalaman kasih Allah yang sungguh saya alami sampai sekarang ini. Saya jawab : kasih sayang orang tua di rumah dan guru pembimbing saya di gereja.

Kegiatan selanjutnya kami disuruh Suster membuat simbol diri masing-masing dan alasan.

Saya memilih bintang sebagai simbol diri. Artinya : dalam kegelapan sekalipun saya bisa menjadi penerang. Jadi saya adalah cahaya dalam kegelapan. Kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan sharing satu sama lain.

Tepat jam 12 siang kami makan siang bersama.

Setelah selesai makan siang kami menari dan menyanyi bersama. Tidak lama kemudian kami diwajibkan membuat doa syukur atas keluarga dan niat. Doa syukur dan niat dibacakan didepan teman-teman.

Tepat pukul 15.30 rekoleksi berakhir kami berfoto bersama semua peserta rekoleksi dan pengurus ASAK wilayah Pusat dan Selatan.

Pengalaman mengikuti rekoleksi ini sungguh berkesan dan bermanfaat bagi kami semua. Semoga acara seperti ini dapat diadakan kembali.