ASAK Katedral Berpartisipasi Dalam Program Bela Rasa LDD KAJ

Pandemi COVID-19 telah menimbulkan banyak masalah lain selain dari masalah kesehatan, yang efeknya jauh lebih besar yaitu masalah kemanusiaan hampir di seluruh dunia dan khususnya di Jakarta. Banyak sekali orang yang kehilangan mata pencaharian dan tempat tinggal.

Dalam menghadapi Pandemi COVID-19 di JABEDETABEK, Lembaga Daya Dharma Keuskupan Agung Jakarta (LDD KAJ) meluncurkan program Bela Rasa. Salah satu isi program ini adalah membagikan makanan siap saji kepada kaum marginal yang membutuhkan makanan.

Tiap harinya ratusan makanan siap saji dibagikan ke se-antero Jakarta, bekerja sama dengan berbagai pihak seperti TNI, POLRI, Ormas lintas agama dan sebagainya.

Keluarga – keluarga yang anaknya tergabung ASAK Katedral Jakarta pun tak luput dari masalah akibat pandemi COVID-19 ini. Banyak diantara mereka yang harus kehilangan mata pencaharian yang mengakibatkan makin merosotnya kondisi perekonomian keluarga.

Melihat masalah ini, para pengurus ASAK Katedral Jakarta berinisiatif untuk membantu keluarga – keluarga tersebut mendapatkan sedikit penghasilan tambahan sekaligus mendukung program yang diadakan oleh LDD KAJ. Program yang diadakan adalah dapur umum bergilir.

Program yang dimulai sejak tanggal 14 April 2020 ini bertujuan menjadi jembatan penghubung antara para donatur yang ingin menyumbang makanan siap saji ke LDD KAJ, namun tidak menyiapkan makanan tersebut sendiri. Donatur dapat menghubungi ASAK Katedral Jakarta guna memberikan dana memasak makanan siap saji.

Selanjutnya ASAK Katedral Jakarta akan memberikan 100 % dana donasi tersebut kepada para keluarga ASAK secara bergiliran. Keluarga tersebut akan menyiapkan, memasak dan mengirimkan makanan siap saji + minuman (seharga Rp. 10.000,- per bungkusnya ) buatan mereka ke LDD KAJ atas nama donatur atau ASAK Katedral Jakarta.

Dengan program Dapur Umum Bergilir ASAK Katedral ini, para donatur yang terlibat bukan hanya memberikan sumbangan makanan siap saji ke pada kaum marginal melalui LDD KAJ, namun secara langsung juga ikut membantu para keluarga ASAK di Paroki Katedral mendapatkan penghasilan tambahan untuk membiayai kebutuhan sehari – hari mereka. Jadi seperti pepatah mengatakan “Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” Dalam satu kesempatan berdonasi banyak pihak yang ikut terbantu.

Seluruh keluarga besar ASAK Katedral Jakarta mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah menyumbangkan dananya untuk program ini.

Bagi para donatur yang ingin terlibat langsung dalam Program Dapur Umum Bergilir ASAK Katedral Jakarta, silahkan menghubungi ASAK Katedral melalui form ini atau dapat menghubungi melalui aplikasi whatsapp atau aplikasi lline di nomor 0813 9901 7688